Hanya Di RS Pertamina Cirebon Deteksi Dini Fungsi Ginjal Rp. 90.000



image

Mengapa perlu deteksi dini penyakit ginjal kronis?

Insiden penyakit ginjal kronis cukup tinggi di Indonesia, prognosis penyakitnya buruk dan membutuhkan biaya pengobatan yang sangat besar. Penyakit ginjal kronis sering baru terdeteksi pada stadium lanjut karena pada stadium dini umumnya tidak menunjukkan gejala yang spesifik, meskipun fungsi ginjal sudah mengalami penurunan.

Bagaimana mendeteksi penyakit ginjal kronis?

Deteksi dini penyakit ginjal kronis dapat dilakukan melalui pemeriksaan laboratorium, salah satunya adalah pemeriksaan Cystatin C. Kadar Cystatin C dalam darah memperkirakan laju filtrasi glomerulus ginjal untuk menentukan fungsi ginjal. Peningkatan Cystatin C menunjukkan adanya penurunan fungsi ginjal. Kriteria penyakit ginjal kronis National Kidney Foundation (NKF) Kidney Disease Outcome Quality Initiative (K/DOQI) adalah kerusakan ginjal lebih dari tiga bulan yang diketahui melalui pemeriksaan petanda kerusakan ginjal (misalnya proteinuria, hematuria) dan/atau laju filtrasi glomerulus ginjal < 60 ml/menit/1,73m2.

Apa yang harus dilakukan apabila kadar Cystatin C tidak normal?

Segera konsultasi pada dokter keluarga maupun dokter spesialis penyakit dalam dan melakukan pemeriksaan tambahan sesuai dengan petunjuk dokter. Pengobatan dini mengurangi kerusakan ginjal yang lebih lanjut.

Untuk mendapatkan Kupon Promo Pemeriksaan Lab Fungsi Ginjal Silahkan hubungi Bagian Informasi RS. Pertamina Cirebon.

Dapatkan pula diskon 20% untuk pemeriksaan USG Ginjal.

INFORMASI TERKINI